Berbagi Sukacita Injil dalam Kebinekaan

Para sahabat misioner terkasih,

Pada tahun 2018 ini, Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner (SEKAMI) akan merayakan ulang tahunnya yang ke-175. Perayaan tersebut akan dikemas dalam model jambore nasional (JAMNAS). Jambore merupakan salah satu sarana dan upaya untuk mengalami dan merasakan lebih mendalam persekutuan paguyuban-paguyuban murid-murid yang diutus dalam kegembiraan. Jambore menjadi medan perjumpaan untuk saling belajar dan berbagi sebagai sesama murid Kristus dalam meneguhkan kesanggupan misioner. Jambore juga menjadi sarana dan ladang mengembangkan antusiasme misioner dalam semangat Doa, Derma, Kurban dan Kesaksian (2D2K). Perayaan JAMNAS SEKAMI ini mengambil tema “Berbagi Sukacita Injil Dalam Kebinekaan.”

Anak-anak dan remaja amat berharga di mata Tuhan. Bahkan, Tuhan Yesus sendiri menjadikannya ikon Kerajaan Surga, “barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Surga” (Mat 18:4). Mengikuti teladan Yesus Tuhan, Sang Guru, Gereja memberikan perhatian istimewa kepada anak dan remaja. Perhatian Gereja ini, salah satunya, dinyatakan dengan dibentuknya Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner (SEKAMI). Di samping itu, Gereja juga menetapkan perayaan Hari Anak Misioner yang bertepatan dengan Hari Raya Epifani. Hari Anak Misioner ditetapkan oleh Paus Pius XII dengan tujuan membangun kesadaran misioner sejak usia dini dengan mengembangkan solidaritas antar anak dalam gerakan 2D2K. Membangun kesadaran misioner bukan hanya ditujukan kepada anak-anak, tetapi juga kepada setiap umat beriman. Setiap orang yang dibaptis dipanggil dan diutus mewartakan sukacita Injil.

Di Indonesia, Gereja Katolik merupakan kawanan-kawanan kecil yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dalam kebinekaan suku, agama, bahasa, budaya dan situasi sosial kemasyarakatan. Kebinekaan menampakkan perbedaan yang memancarkan keindahan bagai mosaik dan kekayaan yang mengagumkan. Namun, dalam kebinekaan dijumpai juga kerentanan untuk saling mencela, membully (aksi perundungan), bahkan menjatuhkan. Oleh karena itu, dalam kebinekaan itulah Gereja diutus mewartakan sukacita Injil. Sejak dini, anak-anak sudah bergaul, bermain, belajar, bertumbuh dan berkembang bersama-sama dengan teman-teman mereka yang berbeda. Anak-anak bermain dan belajar bersama dalam lintas iman, agama, etnis, dan lintas lapis stasus sosial. Dalam kebinekaan itu, anak-anak misioner terus-menerus secara kreatif berbagi sukacita Injil dengan teman-teman mereka. Mereka belajar berbagi sukacita Injil dari lingkup-lingkup terkecil dalam keluarga, lingkungan, komunitas basis umat, stasi dan paroki serta ruang-ruang bermain mereka. Anak-anak misioner adalah misionaris-misionaris cilik yang siap mewartakan sukacita Injil dengan doa, derma, kurban, dan kesaksian. Mereka menghidupi semangat children helping children, yang digelorakan oleh Mgr. Charles Marie de Forbin Jonson, pendiri SEKAMI.

Anak-anak SEKAMI terkasih,

Hari ini adalah Hari Raya Epifani. “Epifani adalah pesta bagimu, anak-anak misioner, perayaan untuk Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner,” tegas Paus Fransiskus saat perayaan Hari Anak Misioner Sedunia, 6 Januari 2017, di lapangan Santo Petrus, Vatikan. Seperti para majus yang mempersembahkan hadiah kepada Yesus, anak-anak, persembahkanlah dirimu sebagai kado bagi Yesus, untuk siap diutus menjadi pewarta Injil-Nya. Engkau, anak-anak misioner, bawalah Yesus Sang Kabar Sukacita kepada siapa saja di mana pun kau jumpai.

Para animator misioner terkasih,

Anak-anak misioner tumbuh berkembang dalam iman bersama para animator-animatris yang setia mendampinginya. Untuk itu, terima kasih kepada para animator-animatris SEKAMI. Anda semua menjadi ujung tombak pengembangan iman anak-anak SEKAMI di keuskupan, paroki maupun di komunitas-komunitas basis. Di tangan Andalah masa depan iman anak-anak. Mereka adalah generasi pembaharu dan penentu bagi masa depan Gereja. Apa yang Anda ajarkan dan teladankan, itu juga yang akan terpatri dalam budi dan hati mereka. Bawalah Kristus kepada anak-anak, dan bawalah anak-anak kepada Kristus.

Para sahabat misioner terkasih,

Pada Hari Anak Misioner Sedunia ke-175 ini, Biro Nasional Karya Kepausan Indonesia (BN KKI) kembali menyajikan majalah MISSIO bagi Anda. Majalah MISSIO edisi ini mengangkat tema “Berbagi Sukacita Injil Dalam Kebinekaan”, tema yang sama dengan tema JAMNAS SEKAMI 2018. Dengan tema tersebut, pembaca budiman yang hidup dalam kebinekaan Indonesia diajak berbagi sukacita Injil. Bersama anak-anak misioner, mewartakan Injil dalam hidup sehari-hari dengan 2D2K. Semoga majalah MISSIO ini boleh menjadi sarana bagi kita untuk mengembangkan inspirasi misioner dalam diri semakin banyak orang. Marilah senantiasa memohon rahmat kepada Tuhan supaya berkenan menambah dan meneguhkan semangat misi kita. Selamat Natal dan Tahun Baru 2018. Tuhan memberkati!

Salam misioner,

Rm. M. Nur Widipranoto, Pr

Dirnas KKI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s